Hasil Pencarian Anda

Silahkan Tik Yang Anda Cari

Kamis, 12 Februari 2009

MENUJU AL-MUHAJIRIN SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK

TERM OF REFERENCE SEMINAR
"MENUJU AL-MUHAJIRIN SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK"
A. LATAR BELAKANG
Bila kepada para guru diajukan pertanyaan, "Siapakah siswa yang cerdas menurut Anda?" Pada umumnya jawaban mereka merujuk kepada sebuah kemampuan akademis terutama mata pelajaran kelompok sains. Dengan kata lain anak yang cerdas adalah yang pinter matematika, fisika, bahasa Inggris dan sejenisnya.

Di lapangan banyak guru yang telah mereduksi makna cerdas ke dalam ruang sempit mata pelajaran tertentu. Dengan pola pikir seperti ini maka bagi banyak guru, kebanyakan siswa adalah tidak cerdas. Selanjutnya pola pikir ini melahirkan perlakuan yang berbeda terhadap para siswa. Ada siswa yang diperlakukan istimewa karena kecerdasannya. Sementara siswa lainnya disuguhi perlakuan yang penuh kekakuan dan kehambaran.

Ilustrasi di atas menggambarkan betapa ironisnya perlakuan guru terhadap siswa. Ketika tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan peserta didik, ketika itu pula guru beranggapan bahwa yang cerdas hanyalah sebagian kecil siswa. Sungguh ironis!

Kondisi seperti itu diperparah lagi dengan perbedaan perlakuan terhadap siswa karena perbedaan jenis kelamin, fisik, intelektual, sosial, emosional, linguistik atau karakteristik lainnya.

Melihat kondisi seperti itu maka dipandang sangat urgen untuk membekali para guru dengan sebuah pemahaman tentang pendekatan dan metodologi pembelajaran yang memperlakukan siswa secara ramah sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Pendekatan Sekolah Ramah Anak yang mulai ramai dibicarakan dipandang mampu mewadahi harapan tersebut. Untuk itulah maka Seminar yang diadakan mengambil tema Menuju Al-Muhajirin sebagai Sekolah Ramah Anak.



B. TUJUAN
Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya menumbuhkan pola pendekatan dan pembelajaran ramah anak sebagai kunci kesuksesan pendidikan sekolah. Sebagai hasil akhir diharapkan terjadi perubahan mindset tentang konsep cerdas yang kesalahan tentangnya selama ini diduga kuat menjadi penyebab tidak adanya keramahan dalam pendekatan dan pembelajaran.

C. PESERTA
Peserta kegiatan ini adalah seluruh guru di lingkungan Yayasan Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta dari mulai Play Group, TK, TPA, SD, SMP, MTs, SMA, MA, dan STAI dengan jumlah lebih kurang 200 orang.

D. METODE
Untuk mencapai hasil yang optimal kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah yang dipadukan dengan media pendukung berbasis multimedia, tanya jawab dan refleksi.

E. PEMBICARA
Pembicara dalam acara ini adalah Prof. DR. Iim Wasliman

F. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini akan dilaksankan pada tanggal 6 Pebruari 2009 dari pukul 13.30 s.d. 15.30 WIB bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta (Jl. Veteran 155 Gg. Kenanga II Kebon Kolot Belakang Polres Purwakarta)

G. BIAYA DAN SUMBER DANA
Biaya kegiatan dianggarkan mencapai tiga juta lima ratus ribu rupiah dengan rincian terlampir. Biaya tersebut ditanggung bersama oleh seluruh lembaga pendidikan di lingkungan yayasan Al-Muhajirin secara gotong royong.

H. PENUTUP
Kami optimis bahwa kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan seluruh lembaga pendidikan di lingkungan yayasan Al-Muhajirin. Peran serta dan bantuan semua pihak akan sangat diharapakan demi kelancaran kegiatan ini.

Tidak ada komentar: